Maret 08, 2010

Kembali Pimpin PDIP Jateng

Berita Utama
09 Maret 2010

SEMARANG- Seperti diduga sebelumnya, Murdoko akhirnya terpilih kembali sebagai ketua DPD PDIP Jateng dalam konferensi daerah (konferda) di Panti Marhaen, Semarang, Senin (8/3). Murdoko mendapat dukungan dari 34 DPC, sedangkan satu DPC yakni Kebumen mendukung Hj Rustriningsih, yang juga wakil gubernur Jateng.

Konferda juga memutuskan, memberikan rekomendasi dukungan kepada Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDIP periode mendatang. Mega menghadiri konferda didampingi Sekjen Pramono Anung, sejumlah pengurus DPP dan anggota DPR dari daerah pemilihan Jateng seperti Tjahjo Kumolo, Puan Maharani, Mangara Siahaan, Budiman Sudjatmiko, Utut Adiyanto, serta Hendrawan Supratikno.

Konferda berlangsung lancar. Setelah dibuka oleh Mega, pimpinan sidang yakni Pramono Anung meminta tiap-tiap cabang membacakan hasil rekomendasi berdasarkan konferensi cabang (konfercab).

Setelah terpilih, Murdoko langsung ditunjuk sebagai ketua tim formatur untuk memilih pengurus. Dalam kepengurusan periode 2010-2015, jabatan sekretaris dipegang Agustina Wilujeng dan bendahara Rukma Setya Budi.

Ada dua bupati/wali kota yang dimasukkan sebagai pengurus DPD di jajaran ketua, yakni Bupati Batang Bambang Bintoro dan Wali Kota Surakarta Joko Widodo. Pengurus yang terpilih langsung dikukuhkan dan dilantik oleh Puan Maharani mewakili Megawati.
Konsolidasi

Kepada wartawan, Murdoko menyatakan dalam waktu dekat ini pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan pengurus-pengurus di daerah, termasuk menyelesaikan tiga konfercab yang belum selesai.

Soal tidak dimasukkannya nama Hj Rustriningsih dalam kepengurusan yang baru, dengan enteng Murdoko menjawab, ’’Takone kok angel-angel (pertanyaannya kok sulit).’’

Rustriningsih turut hadir dalam konferda. Ia mendampingi Gubernur Bibit Waluyo yang diundang PDIP, mengingat pasangan itu dicalonkan partai tersebut dalam pilgub.

Namun seusai pembukaan konferda, Rustri langsung meninggalkan tempat bersama Bibit Waluyo. Rustri yang sebelumnya santer dikabarkan akan mencalonkan diri sebagai ketua DPD, ternyata hanya mendapat satu dukungan dari Kebumen.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, pelaksanaan konferda di Jateng merupakan yang terakhir di Jawa. Selanjutnya dia bersama pengurus DPP akan berkeliling ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Maluku. ’’Sebelum April, diharapkan seluruh konferda sudah selesai,’’ katanya. (H37,H23-65)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar