Februari 23, 2010

Perekonomian Tak Terpengaruh



Berita Utama
24 Februari 2010
JAKARTA - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menilai proses politik penyelesaian kasus Bank Century melalui Pansus Hak Angket tidak mengganggu perekonomian. ’’Masyarakat kita sudah memiliki daya tahan bahwa ini persoalan politik,’’ katanya di Jakarta, Selasa (23/2).

Masyarakat, lanjutnya, bisa membedakan mana persoalan yang masuk ranah politik dan mana yang ada di ranah perekonomian. Lagi pula, kondisi perekonomian Indonesia saat ini cukup stabil dan tidak terpengaruh isu-isu yang keluar dalam proses pansus. ’’Coba lihat, IHSG tetap baik, devisa naik, rupiah menguat, karena ekonomi kita sangat stabil, tidak terpengaruh hal itu,’’ tambah Hatta.

Pemerintah melansir terjadi penguatan perekonomian yang dilihat dari pertumbuhan ekonomi 2009 sebesar 4,5%, terbesar ketiga setelah China dan India. Selain itu, rupiah menguat terhadap dolar AS sebesar 15,4% sepanjang 2009. Penguatan ini tertinggi di Asia. Bahkan, penguatan berlanjut pada Januari-Februari sebesar 1,3%.

Cadangan devisa mencapai 66,11 miliar dolar AS sampai Desember 2009 atau setara 6 bulan impor. Penguatan juga terlihat dari IHSG sebesar 87%. Posisi 18 Februari IHSG 2.581 atau meningkat 1,9%. Di bulan Januari 2010, terjadi inflow saham sebesar Rp 0,43 triliun.

Hatta mengatakan, sejauh ini tidak ada keluhan Pansus Century memengaruhi politik ekonomi Indonesia, termasuk dari kacamata investor asing. ’’Saya terima delegasi dagang dari negara mana pun, dari AS, China, Eropa, mereka tetap optimistis Indonesia negara yang sangat diminati saat ini.’’(J10-49)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar